Sabtu, 28 Februari 2015

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Niatnya sih pengen nulis cerita trisemester kedua, tapi nggak tau kenapa malah mood bikin posting ginian. Naluri emak-emak, bok! Demen bingits kalau udah bahas segala-gala macem belanja-belanji. Secara juga kayaknya bagi kebanyakan bumil, yang paling nyenengin tuh kalau udah mulai listing dan finally shopping perlengkapan baby ya, cyiin? Nyahahaha!

Gue sendiri mulai nyicil perlengkapan bayi sejak masuk bulan ke-6. Padahal mah nyokap udah wanti-wanti nggak boleh beli apapun sebelum 7 bulan. Ngeyel ya, bok? Ya apa daya... gue udah nggak kuat iman liat printilan baby yang unyu-unyu itu! Rasanya pengen secepetnya diborong, mak! :D

Sebelum mulai shopping, berbekal info dari gugel dan nanya temen-temen yang udah pada beranak, gue bikin list dulu apa aja yang dibutuhin untuk newborn baby. Berhubung anak pertama, excited-nya gue kadang suka over dosis, bok! Apa-apa tuh rasanya pengen dibeli. Idih... belagu, sih! Kayak yang dompetnya tebel aja! Hahaha! Nah, makanya itu biar nggak khilaf, gue bikin dulu deh tuh daftar belanjaannya. Ya tapi kenyataannya sih tetep aja dibeli juga barang yang sebenernya nggak ada di list dan nggak butuh-butuh amat. Alesannya... karena unyuuu syekaleh, kakaaakk! Nyahahaha! *dicekek Pipi*

Jadi, inilah daftar perlengkapan bayi yang udah gue susun. Kali aja ada buibu yang lagi hamil perdana kayak gue dan kepo banget apa aja yang dibutuhin untuk newborn baby.

Pakaian bayi:
  1. Bedong 2 lusin (katanya sih sekarang dokter dan bidan udah ngelarang bedong-membedong bayi. Tapi gue tetep butuh untuk menghangatkan badan bayi. Toh masih bisa didayagunakan untuk alas ompol atau selimut. :p)
  2. Gurita 1/2 lusin (ini juga katanya udah dilarang pake, tapi kata nyokap dan mertua tetep dibutuhin--at least sampe tali pusernya puput)
  3. Popok kain 2 lusin
  4. Baju lengan pendek 1/2 lusin
  5. Baju kutung 1/2 lusin
  6. Baju lengan panjang 1/2 lusin
  7. Celana pendek 1/2 lusin
  8. Celana pop 1/2 lusin
  9. Celana panjang 3 pcs
  10. Celana panjang tutup kaki 3 pcs
  11. Jumper panjang/sleepsuit *optional
  12. Jumper pendek
  13. Clodi 2-6 pcs *optional
  14. Dispo diapers/pospak newborn 1 pak (sebenernya ragu pakein pospak ke bocah yang baru lahir secara kulitnya masih sensi banget. Tapi gue tetep nyetok kalau-kalau dibutuhin pas bobo malem atau pergi-pergi. *emak plin-plan*)
  15. Sarung tangan+kaki 6 pasang
  16. Kaos kaki 1-3 pasang
  17. Legging 1-2 pcs *optional
  18. Booties/sepatu bayi
  19. Topi 1-2 pcs
  20. Jaket/sweater

Perlengkapan tidur:
  1. Bantal peyang & guling
  2. Selimut
  3. Alas ompol (gantinya bisa pake bedong)
  4. Perlak besar
  5. Perlak kecil/pangku
  6. Kelambu
  7. Kasur bayi/baby box *optional

Perlengkapan mandi & toiletries:
  1. Handuk
  2. Waslap 2-4 pcs
  3. Perlak besar
  4. Bak mandi bayi
  5. Baby bather *optional
  6. Grooming kit (sisir, gunting kuku, etc.)
  7. Sikat lidah
  8. Tempat bedak
  9. Wadah toiletries
  10. Shampoo+sabun 2 in 1
  11. Baby oil
  12. Baby lotion
  13. Baby hair lotion
  14. Minyak telon
  15. Minyak kayu putih
  16. Bedak
  17. Baby cologne
  18. Diaper cream
  19. Betadine
  20. Alkohol
  21. Detergen khusus baju & peralatan bayi
  22. Kapas bulat (bisa pake kapas kiloan beli di apotek, terus dibuletin sendiri)
  23. Kassa steril/Alkafil
  24. Cotton bud
  25. Tissue basah & kering

Perlengkapan bepergian:
  1. Gendongan sling
  2. Selimut tudung
  3. Tas perlengkapan bayi
  4. Stroller *optional

Perlengkapan lainnya:
  1. Slaber 2-3 pcs
  2. Sapu tangan 3-6 pcs (untuk gumoh)
  3. Termometer
  4. Botol susu
  5. Sikat & penjepit botol susu
  6. Botol kaca untuk menyimpan ASI minimal 25 pcs
  7. Cooler bag
  8. Warmer *optional
  9. Sterilizer *optional 
  10. Jemuran gantung putar 1-2 pcs
  11. Ember untuk cuci baju bayi
  12. Keranjang besar & kecil

Fiuuh... banyak ya, bok? Bocah sekecil gitu aja perlengkapannya segambreng gini? *tepok jidat tetangga*

Eh tapi, ternyata selain bayi, ada beberapa item yang kudu disiapin untuk emaknya juga, dong! Jadilah gue juga bikin daftar keperluan yang nanti dibutuhin setelah gue lahiran. Duh, baru tau gue kalau hamidun tuh mehong! *ngorekin recehan di kantong*

Perlengkapan ibu:
  1. Korset/gurita ibu
  2. Pembalut nifas 2 pak
  3. Breast pad
  4. Bra menyusui 3-6 pcs
  5. Nursing apron *optional
  6. Bantal menyusui *optional
  7. Breast pump
  8. Nipple cream

Well, itu tadi list versi gue, jadi jangan terlalu dijadiin patokan, ya! Soalnya kan sikon dan kebutuhan tiap orang beda-beda, cyiin! Oya, untuk item-item yang gue kasih keterangan '*optional' itu maksudnya gue masih kudu bertapa dulu bakal dibeli atau nggak, dengan alesan gue galau tuh barang bakal bener-bener kepake atau cuma nguras ATM aja. Toh barang-barang itu juga masih bisa ditunda belinya ntar-ntar atau ngarep ada yang ngadoin aja. :p *ditoyor massa*

Untuk ngeborong semua itu, gue kudu survei dulu ke berbagai baby shop di seantero Bandar Lampung. Lumanyun capek, sih! Apalagi gue tipe emak rempong yang nggak bisa langsung borong barang di satu toko doang. Gue demennya survei harga dan model di berbagai toko dulu dan baru beli kalau udah ada yang cucok di hati. Nyahaha! Ya tapi itu juga kan demi memberi yang terbaik buat si baby, tho? Jadi kayaknya bisa dipermaklumkan lah, ya? :p *ngeles*

Alhamdulillah sampe detik ini daftarnya udah banyak ceklis. Paling cuma tinggal ngelengkapin beberapa printilan lagi dan toiletries yang emang rencana baru mau dibeli pas udah 8 bulan ke atas. Baru nyadar kalau gue belanjanya ngebut ya, bok? Padahal mah baru masuk 7 bulan aja gitu! Hahaha! Ya nggak apa-apa lah. Gue juga rasanya males kalau udah deket HPL nanti masih kudu ngiderin baby shop buat shopping--kecuali ya cuma beli toiletries doang. Pengennya sih di minggu-minggu terakhir jelang hari H tinggal nyante prepare mental dan fisik bakal launching si baby aja. :D

Nanti bakal gue posting hasil belanjaan gue plus info baby shop di seputaran Bandar Lampung yang pernah gue datengin. So, posting yang ini masih to be continued dan bakal gue lanjutin ASAP, deh! Bagi yang butuh, semoga yang gue sharing ini berguna yak! Okehtengsbai!

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks banget info nya mbak shinta... mulai dari persiapan sampai apa yg mesti dibeli + harga nya, jadi ga perlu muter2 lg deh :)

Shinta Feristiqa mengatakan...

@Ira: Sama2... makasih jg udh mampir ke sini :)

Anonim mengatakan...

berguna nih buatku yg lagi nyusun list. thanks yaaa

Shinta Feristiqa mengatakan...

Sama2 makasih udh mampir :)

Staf Editorial mengatakan...

Wah..lumayan banyak juga ya yang mesti disiapkan. Tapi menyiapkan itu semua tidak ada artinya dibandingkan bahagianya menyambut buah hati baru.

Untuk membantu moms mewujudkan buah hati yang tumbuh optimal, sehat dan cerdas boleh cek disini.

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com