Rabu, 08 Mei 2013

Angsulan Chapter 1

Dalam rentetan pernikahan adat (khususnya Jawa) di Indonesia, dikenal adanya istilah seserahan atau hantaran, yang diberikan pihak calon pengantin pria (CPP) kepada calon pengantin wanita (CPW). Seserahan sendiri berupa barang-barang keperluan si CPW. Kalau dulu soal seserahan biasanya diserahkan sepenuhnya pada pihak CPP, sekarang udah banyak CPW yang terlibat atau dilibatkan dalam urusan seserahan. Mulai dari pemilihan barang-barangnya hingga hiasnya. Hal ini dimaksudkan agar nantinya yang diberi seserahan ini--yaitu si CPW sendiri--nggak merasa kecewa dengan barang yang diterimanya, sesuai seleranya, pas ukurannya, dan pastinya bakalan bisa dipakai dengan riang gembira setelah merit. :p

Fyi, yang minat cek posting gue soal seserahan ada di sini, ya! :-)

Penyerahan barang-barang hantaran ini biasanya dilakukan dalam suatu acara khusus, tergantung adat daerah masing-masing. Kalau di Jawa biasanya di malam Midodareni. Tapi zaman sekarang sih demi kepraktisan, banyak yang menyerahkan seserahan sebelum berlangsungnya akad nikah. Nah, setelah seserahan diberikan, di akhir acara, biasanya bakalan ada 'oleh-oleh' yang diberikan pihak keluarga CPW kepada pihak keluarga CPP, sebagai balasan atau simbol rasa terima kasih atas seserahan yang telah diberikan. Nah, 'oleh-oleh' untuk CPP inilah yang disebut angsulan atau angsul-angsul.

Contoh angsulan segala macam toiletries atawa perlenongan cowok

Contoh angsulan seperangkat alat solat

Contoh angsulan pakaian kerja

Dalam pernikahan gue nanti, gue pun udah menyiapkan angsulan untuk Pipi. Jumlah angsulan sesuai adat Jawa (katanya) harus ganjil tapi nggak boleh melebihi jumlah seserahan. Setelah diskusi sama Yang Mulia Ayahanda dan Ibunda Ratu (baca: bapak'e dan mbok'e), plus si empunya penerima angsulan itu--yang nggak lain nggak bukan adalah Pipi sendiri--box angsulan yang bakal dikasih nanti ditetapkan sejumlah 5 box aja, udah termasuk 2 box untuk makanan. Jiaaah... dikit amat kali ya kalau dibanding seserahan gue yang 13 box itu? Ini modus pelit atau ngirit? Jiakakak!

Contoh angsulan yang disebut "Kancing Gelung", yaitu seperangkat
pakaian yang bakal dipakai CPP saat akad

Sama halnya dengan seserahan yang semuanya barang-barang kebutuhan gue, isi angsulan itu nantinya adalah barang-barang keperluan Pipi. Kalau semua seserahan gue yang bayarnya dibandarin Pipi, untuk angsulan gantian gue yang jadi bandarnya dan Pipi cuma tinggal asoy geboy milih barang-barang apa aja yang dia mau untuk angsulan. Udah sempet parno duluan, jangan-jangan ini bisa jadi ajang balas dendam Pipi meras dompet gue. Hiks! Tapi untungnya, cami gue yang satu ini amat sangat perhatian dan penuh belas asih kayak Tong Sam Cong gurunya Sun Go Kong. Dia sama sekali nggak ada niat untuk 'memiskinkan' gue! Wkwkwk! Malahan dia dengan sangat hati-hati memilih barang-barang yang harganya 'nggak ngajak berantem' dan nggak bikin ATM gue meledak. Hwuaa... makasih, chayanx! *peluk Pipi sampe gepeng*

Angsulan kayak gini nih yang bakalan bikin ATM kemarau
dalam hitungan detik! :D

Pemilihan barang-barang angsulan Pipi terbilang cepat secara emang box-nya sedikit. Tapi bukan cuma karena itu. Pipi juga sebenernya nggak ribet kayak gue kalau milih barang-barang yang dia mau. Nggak perlu thawaf ngelilingin satu mall dulu atau kunjungan door to door ke semua butik/toko dulu dan ujung-ujungnya balik ke butik/toko yang pertama kali dikunjungin cuma demi beli barang inceran yang pertama kali diincer di butik/toko itu. Wkwkwk!

Kalau Pipi, barang apa yang dia mau untuk angsulan langsung aja dia cari pas kebetulan kita lagi jalan di mall. Kalau kebetulan barang yang dia mau stoknya lagi kosong atau warnanya nggak ada, dia kreatif, inisiatif, dan pemaaf banget untuk langsung cari alternatif barang lainnya. Ya ampun, kalau gue sih ya, misal barang yang gue mau lagi kosong, gue bakal maki-maki etalase sama mbak2-mbak SPG-nya *lho?* terus minggat cari tempat lain yang jual barang yang sama, dan kalau masih tetep kosong di semua tempat, gue nggak bakalan berpaling ke lain hati dan bakalan keukeuh nunggu tuh barang nongol sampe si Atun adeknya si Doel kurus terus gemuk lagi terus kurus lagi! Oke... mungkin inilah yang namanya perbedaan tipis antara setia, ngotot, sama bego! -__-

Daaaan... apa aja barang-barang angsulan untuk Pipi? Ini dia list-nya:

Box 1: 
Handuk (1 pcs), undies (2 pcs), dan segala keperluan perlenongan Pipi (parfum, deodoran, shaver, hand and body lotion, pembersih muka, dan toiletries cowok lainnya).

Box 2:
Perlengkapan solat (Baju Koko, Sajadah, Peci, dan Sarung). 

Box 3:
Peralatan Makan (setengah lusin set cangkir + tatakan dan setengah lusin piring kecil).
Note: box ini isinya atas saran dari nyokap yang katanya kudu ada alat makannya biar nanti pas berumah tangga nggak kekurangan pangan. Aamiin. Seserahan gue juga ada alat makannya.

Box 4:
Jadah dan Wajik.
Note: ini sih ngikutin adat Jawa yang katanya juga harus ada makanan tradisional yang lengket biar mempelainya lengket terus selamanya. Aamiin. Di seserahan gue juga ada jadah-wajiknya.

Box 5:
Jajan pasar.

Alhamdulillah semuanya udah lengkap, kecuali makanan yang disiapin di hari H aja. Semua box angsulan berwarna merah cabe, agak beda dikit sama box seserahan gue yang bernuansa merah maroon. Intinya tetep ada warna merah sesuai nuansa nikah gue. :-)

Proses hias-menghias box Pipi pun nyaris kelar, cuma tinggal sentuhan dikit lagi. Untuk urusan hias-menghiasnya, cukup gue aja yang ngerjain dibantu sama Pipi. Dan bukan cuma angsulan, tapi juga seserahan dan beberapa printilan merit lainnya gue yang hias sendiri dibantu asisten tercinta, tentu aja si Pipi. Apa aja itu dan gimana hasilnya? Ditunggu aja update-annya, ya!

Semoga posting ini bermanfaat untuk temen-temen yang juga lagi butuh referensi nyiapin merit. Arigatou!


*) Sumber gambar: Google
UPDATE!!
Enihaauuu... bagi yang di seputaran Bandar Lampung dan butuh jasa hias/sewa box seserahan, gue siap membantu, lho! Yup... sekarang gue buka jasa hias-menghias seserahan, mahar, mobil pengantin, dan make up (prewed, wisuda, pesta, etc.). Harga in shaa allah bersahabat, genks! Yuuk... cusss lah ceki ceki instagram Little Mimi Art untuk pelototin foto-foto karya ter-update dari gue! Ditunggu bookingannya, yak! Okehtengsbai! :D

2 komentar:

indria permaningtyas mengatakan...

mba mau tnya..angsulan buat cowo itu dikasih nya pas kpn ya mba?aq masih bingung mba untuk urutan nya hehe kpn seserahan dikasih kpn angsulan dikasih..soalny aq rencananya dikasihnya pas akada smua.mohon pencerahannya y mba hehhe.makasih sblmnya😊

Shinta Feristiqa mengatakan...

@Indria Permaningtyas biasanya dikasih di malam midodareni kl jawa. dibarengi dg seserahan. kl aku sendiri, dulu dikasih waktu asok srono. smcm acara seserahan H-1 sblm akad+resepsi. smg jawabanku bs mencerahkan, ya! :)

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com