Selasa, 26 November 2013

Review Resepsi (Sederhana)

Gue tipe yang nggak mau repot memaksakan gengsi. Sejak awal, gue pengen resepsi cukup diadakan dengan sederhana di rumah. Hemat. Itu poin utamanya. Gue agak nggak rela hati menghamburkan duit cuma buat resepsian di gedung yang durasinya bahkan nggak nyampe sehari, cyin! Mending duitnya bakal kebutuhan lain yang lebih penting atau tabungan masa depan gue dan Pipi. Selain itu, rumah adalah venue yang punya fleksibilitas tinggi soal waktu. Kita bisa memulai dan mengakhiri pesta kapan aja kita mau. Yah pokoknya gitu deh, cing! Klise dan klasik. Rumah tetep pilihan venue resepsi ideal bagi gue. Kecuali kalau ada yang mau modalin nikahan gue dengan budget tak terhingga dan gedungnya bisa disewa sehari semalem tanpa biaya tambahan. Haha!

Acara resepsi gue berlangsung di hari yang sama setelah akad nikah, yaitu Minggu, 23 Juni 2013, tepat jam 10 teng sesuai schedule. Beda banget sama akad yang kudu molor setengah jam gara-gara manten dodol (take a peek cerita akad). Tradisional Jogja bernuansa warna maroon jadi tema resepsi gue. Acara diawali dengan upacara Panggih ala Jogja, terus upacara Bubak Kawah (makna simbolis dalam adat Jawa bahwa saat itu orang tua gue mantu pertama), dilanjut Tari Karonsih dan pelepasan sepasang merpati, ditutup doa, and the last... acara santap-menyantap! Sementara para tamu pada binal menyerbu buffet dan pondokan biadab yang bikin nggak kuat iman, mantennya malah langsung sibuk riang gembira meladeni para tamu lainnya yang nggak binal sama buffet dan pondokan yang ngebet foto bareng kita tiap abis salaman. Hoho! *manten sok ngartis*

Upacara Panggih. Klik aja gambarnya untuk lihat lebih jelas ^^

Upacara Bubak Kawah, Tari Karonsih, dan pelepasan sepasang merpati. Klik gambarnya untuk memperbesar ^^

Eniwei baidewei nowei, walau niat awalnya diadakan dengan sederhana di rumah, pada akhirnya resepsi gue malah jadi meriah, sodara-sodara! Dipastikan lebih dari 1.000 tamu yang hadir. Sebenernya gue cuma pengen mengundang sedikit orang. Tamu gue sendiri cuma terdiri dari para sahabat dan rekan kantor yang nggak lebih dari 50 orang. Tapi rencana itu menguap begitu aja. Orang tua gue sangat nggak setuju dengan ide itu. Budaya kita yang masih terlalu mainstream bahwa sebuah pesta pernikahan harus mengundang semua orang yang dikenal kayaknya jadi alasan utama orang tua menolak ide minim tamu gue. Kalau pada nggak diundang, nanti takut jadi omongan orang, takut disangka sombong, nggak enak hati, bla bla bla. -__-"

Gue pun mengalah untuk mau menambah undangan. Hasil kompromi nggak boleh lebih dari 600 orang, dengan pembagian 50% jatah bokap-nyokap dan 50% buat gue, Pipi, mama calon mertua (waktu itu masih calon), dan para kakak. Tapi riilnya sih undangan untuk orang tua gue membengkak dan disiasati dengan (terpaksa) memangkas list tamu kita dan yang lain. Itu pun masih kurang juga karena kayaknya 600 undangan itu mestinya jumlah tamu orang tua gue sendiri. Ckckck! Gue dan Pipi akhirnya (atau begonya?) malah latah mengundang semua teman yang layak diundang (yang totalnya buncit jadi 200-an orang!) melalui social media dikarenakan keterbatasan undangan fisik yang ngepres. Weleh... weleh... bener-bener luluh lantak intimate party impian gue! *jedotin kepala ke panci*

Tapi ya sudahlah, pemirsa... bagaimana pun pernikahan kan melibatkan banyak pihak termasuk orang tua, jadi saling menghargai aja. Meski di sana-sini masih banyak kekurangan dan agak melenceng dari planning awal, gue tetep bersyukur karena banyaknya tamu berarti banyak orang yang mendoakan kita. Yang penting acaranya berjalan lancar, tamu senang, makanan berlimpah bahkan sisa banyak, dan mantennya cakep! Yang terakhir itu ahey sekali! XD

Pada akhirnya, gue merasa pernikahan gue tetep sederhana, tapi meriah. Meriah tapi nggak berlebihan. Semuanya diselenggarakan sesuai dengan kemampuan dan alhamdulillah selesai acara masih ada sisa tabungan di ATM dan sisa dana lainnya yang kita pake untuk kredit motor. Yah... balik lagi ke prinsip, sih! Sesederhana atau semewah apapun, yang namanya pernikahan tetep aja disebut pernikahan. Resepsi hanya sebuah ceremonial belaka. Yang terpenting adalah bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga setelah resepsi itu berlangsung. Ya, nggak? *kesambet Mario Teguh*

Sepintas soal vendor (review lengkap masing-masing vendor mampir ke sini yak! ^^)
  • Make Up & Adat: Salon Shinta (Ibu Sundari). Ambil sepaket sama acara seserahan. Kata orang-orang sih gue manglingi. *mudah-mudahan pada nggak boong, deh! :p*
  • Dekorasi: kerja bakti. Pelaminan dan kamar manten udah sepaket sama salon. Gerbang tuwuhan hasil kreasi om gue. Pondokan dan buffet kerjaannya orang catering. Udah segitu aja. Nyehehehe! 
  • Catering: Catering Kartini. Ueenaaak (pengakuan dari beberapa teman sih mereka sampe ketagihan pengen makan mulu! :D), dapet diskon dan bonus, dan masih sisa banyak walau tamu rame banget!
 
  • Dokumentasi: Infra Photoworks (Mas Irfan and team). Gue minta paket all in. Semua foto dan video dari prewed, acara seserahan, sampe hari H doi yang handle.
 
  • Tenda: Estu Sae Group. Sori tapi gue harus jujur, ini vendor paling nggak banget di acara gue. Gue bakal curhat lain waktu. :'-(
  • Entertainment: Juwita Music. Gue pengen hiburannya full campur sari biar kesan njawaninya kentel. Norak? Ah, bodo amat! Suka-suka gue lah, pesta-pesta gue! Nyahaha! 
  • Undangan dan Souvenir: Jogja Kreasi dan Ucok Souvenir Jogza. Disesuaikan tema yang tradisional, undangannya bambu dengan desain khas Jogja. Souvenirnya juga dipilih yang kesannya tradisional tapi punya manfaat kayak centong nasi kayu sonokeling itu.

 
  • Henna dan Nail Art: Pita Henna dan Belleza Salon. Cerita nail art sebenarnya udah pernah dikupas di sini. Tapi untuk vendornya, bakal dibahas sendiri, ya!
 

The People:

My family

Pipi's family

Our family

dengan para kakak dan para adik :3

My big famz

My besties ever: SanDeGA! Kita udah sohiban sejak SMP. Sayang, minus 3 personil di foto ini, karena ada di luar kota dan sikonnya nggak memungkinkan balik ke Bandar Lampung. Hiks!

Ria (left) dan Keti (right) ini juga sohibul khoir gue sejak ngampus dulu. Terutama Ria yang sering ikutan gue nge-gahol bareng SanDeGA

Terakhir adalah galeri foto per-narsis-sisasi-an gue dan Pipi yang ngeksis di kewongan. Silakan dicekibrot dan muntah berjamaah! Wkwkwk! Kalau perlu nggak usah dilihat aja, deh! Karena virus narsis itu bisa menular! Nyahahaha! *ngakak salto*
  • Ageman/busana pertama: Paes Ageng Kanigaran






  • Ageman/busana kedua: kebaya maroon






6 komentar:

Ivonne mengatakan...

Hi Mbak,

Saya Ivonne, co-founder dari KlubEvent.com - Portal dimana para perencana event dapat mencari dan memberikan review vendor event sekaligus berkomunikasi online dan book vendor. Mbak, saya mau tanya kalau mbak berkenan untuk memberikan review pendek tentang vendor photografer/katering yang dipakai saat resepsi di klubevent.com. Tentunya review mbak akan sangat membantu teman-teman lainnya yang sedang pusing memilih vendor fotografi dan katering. Kalau berkenan, mbak bisa kontak saya di ipratiwi@klubevent.com. Terima kasih ya mbak.

Shinta Feristiqa mengatakan...

Hi mbak ivonne,

Please cek email ya..
Thx udh mampir! ^_^

Farid mengatakan...

artikel yang menarik dan cara penjelasan yang singkat
cek juga disini ada paket pernikahan hemat dan lengkap :)
Terimakasih..

http://www.bumentik.com/2015/08/Paket-pernikahan-hemat-bumentik.html

Balai Sartika Convention Hall mengatakan...

Sampurasun Akang Teteh Calon Pengantin Bandung :)

Ada kabar gembira nih untuk akang & teteh calon pengantin yang ingin menikah di Balai Sartika Convention Hall!!
Kini Balai Sartika sudah FULL KARPET & FULL AC!! daaaan.... Balai Sartika mempunyai all in wedding package yang akan sangat membantu para calon pengantin mempersiapkan hari pernikahan.

Kenapa harus menikah di Balai Sartika?
1. Akses jalan tol mudah
2. Kapasitas gedung sampai 1500 tamu undangan
3. Full Karpet dengan design yang modern (feels like hotel)
4. Full AC (AC Central, 2 Standing AC pelaminan, 6 Standing AC)
5. Terdapat 350 kursi di balkon
6. Terdapat 4 ruang rias Full AC, dua diantaranya full karpet khusus calon pengantin dan keluarga
7. Terdapat 2 lampu kristal
8. Design gedung yang modern
9. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
10. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
11. Lucky Dip & Grand Prize
12. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
13. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin

Gimana? Oke kan untuk hari spesial akang & teteh?
untuk informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi :
Wedding consultant kami
whatsapp : 081224218785
office : 022 - 73517149

atau bisa langsung datang ke :
HIS Balai Sartika Wedding Venue & Organizer
Gedung Bikasoga lt.1
Jl. Suryalaya Indah no.1-3, Cijagra, Lengkong, Buah Batu. Bandung.

Rosianti Mustika mengatakan...

Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu CASH BACK 10JUTA Semua itu tanpa diundi looohhh…

Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
Rosianti,
WA ( 085624295686 )
IG ( rosi.hiskologdam )
E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

Ayu HIS Kologdam mengatakan...

Voila! Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan September ini diantaranya:
PICK 2 FOR YOU 2
* Invitation Card by Corellia (500 undangan)
* Wedding Ring by Vins Jewelry
* Sushi Stall by Sushi Tei (300 pax)
* Voucher Informa 5 Juta
* Free Photobooth by Clei (3 Jam, Unlimited)
* Free Honeymoon to Samaja Villa Kunti (3D2N)

Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com