Senin, 21 Mei 2018

Resep Cupcake Coklat Kukus


Sesuai janji, gue mau share resep cupcake yang gue bikin untuk goodie bag ultah ketiga Ryu bulan lalu. Gue dapetin resep aslinya dari Cookpad, tapi resep yang ini pake sedikit improvisasi dari gue sendiri, ya!

Hasil dari cupcake ini mbulet mulus menul-menul manjah. Jadi kalau ada yang mau pake buttercream dan sprinkle untuk topping, bisa langsung hias aja di atasnya. Hasilnya dijamin cakep semlehoi dah! Tapi kalau toppingnya mau pake fondant kayak yang gue bikin untuk goodie bag Ryu, lebih bagus sih kalau si menul-menul dipotong ya, biar hasil base fondantnya rata. Eh, sebenernya nggak pake topping apapun juga udah endeus gulendes, sih! Jadi, topping itu optional, ya! *mamak plin-plan*

Oya, selain untuk cupcake, resep ini juga gue pake untuk bikin birthday cake Ryu. Rasanya? Iihh... tadi gue udah bilang kan... rasanya endeus gulendes cucok marcucok! Plussss... jaminan ini resep anti-gagal, buibu! Sudah teruji nyata! *kibas jilbab*

Cupcake goodie bag ultah ketiga Ryu tema "Bumblebee Transformer".

Bahan:
  • 100 g tepung terigu.
  • 1 sdm susu bubuk rasa coklat.
  • 1 bungkus Chocolatos.
  • 1 sdm coklat bubuk.
  • 1/4 sdt soda kue.
  • Sejumput garam.
  • 1 butir telur.
  • 5 sdm gula pasir.
  • 75 ml minyak goreng.
  • 125 ml (1 kotak kecil) susu cair UHT rasa coklat.

Cara Membuat:
  • Panaskan kukusan.
  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk, Chocolatos, coklat bubuk, soda kue, dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula dengan mixer sampai rata.
  • Masukkan campuran tepung, minyak, dan susu cair UHT secara bergantian. Dimulai dari tepung dan diakhiri dengan tepung. Aduk rata.
  • Siapkan papercup yang sudah dimasukkan ke dalam loyang/cetakan cupcake. Fungsinya agar hasil cupcake nggak 'gendut' atau bahasa kerennya mbleber. XD
  • Masukkan adonan ke dalam papercup.
Ketinggian adonan yang dimasukkin ke papercup kira-kira segini lah, ya!
  • Kukus selama 15-20 menit. Bisa tes tusuk untuk cek kematangan.
  • Kalau sudah matang, bisa dihias topping sesuai selera.
Gini lho hasilnya setelah matang... beneran mbulet mulus menul-menul, kan? ;)

Gini kalau si menul-menul udah dipotong rata dan dihias topping fondant logo Autobot.

Resep ini gue pake untuk bikin birthday cake Ryu juga. Cuma ya gini deh... belum apa-apa, udah dicolek Ryu duluan! XD

Proses hias birthday cake di pagi buta. -_-

Bumblebee birthday cake untuk ultah ketiga Ryu bikinan sendiri yang walau penampakannya menyedihkan secara fondantnya meleleh semua, tapi rasanya tetep endul!

Enihao, resep ini bisa jadi sekitar 5-6 cupcake, tergantung ukuran diameter papercup. Kalau gue kemarin bikin pake papercup Momma ukuran standar kurleb 5 cm (diameter bawah) x 6,5 cm (diameter atas).

Yang pasti, kalau untuk cupcake, selain sedia papercup--ofkorsss--kudu siapin juga loyang/cetakan untuk cupcake/muffin, ya! Buaanyak dijual di toko kue. Usahain diameter cetakannya yang pas sama dengan diameter papercup. Soalnya gue pernah coba pake cetakan yang diameternya lebih lebar dibanding diameter si papercup, eh hasilnya gendut montok mbleber, dong! Nggak lulus uji kelayakan pokoknya! Heuheu. Oya, kalau mau bikin birthday cake pake resep ini, bisa pake dua kali resep dan waktu kukusnya harus lebih lama, ya! Jangan lupa tes tusuk untuk cek udah matang atau belum.

Yak, sekian. Semoga resep ini berfaedah ya, buibu! Next, gue share resep Choco Butter Cookies yang juga gue bikin untuk isian goodie bag Ryu, ya! Okehtengsbai!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com