Jumat, 14 Maret 2014

ISI BLOG GUE DICURI...!!!!

Semalem waktu lagi iseng browsing entah-apa, tiba-tiba gue terdampar di sebuah blog. Dan detik itu gue speechless. Kaget. Kesel. Marah. Apa lagi, ya? Pokoknya nyampur! Alesannya?

ADA ORANG NGGAK PUNYA ETIKA UDAH MALING ISI POSTINGAN DI BLOG GUE, TERUS DIPAMERIN DI BLOG DIA, TANPA KASIH LINK KE BLOG GUE...!!! BUKAN CUMA 1 POSTING, TAPI BANYAAAKKK...!!!! INI LINK BLOG SI PENCURI --> BLOGNYA MALING

Iya, gue sewot! Siapa coba yang nggak sewot kalau tulisan yang capek-capek dibikin, tiba-tiba seenak jidat ada orang yang copy paste mentah-mentah ke blognya seolah itu dia yang tulis sendiri???? Padahal udah jelas-jelas gue pampangin di blog gue: "If you want to copy one of my postings, please give me credit. Respect is a must.". Jelas, kan??? Apa dia nggak ngerti artinya?? Ampun daaah... besok gue tulisin pake Bahasa Urdu biar dia paham!

Pencurian artikel emang bukan hal baru dalam dunia blogging. Banyak blogger yang mengeluhkan tentang seringnya tindak copy paste artikel original mereka oleh oknum nggak bertanggung jawab. Bagi gue, kerjaan copy paste artikel adalah tindakan yang menyedihkan! Totally 100% pathetic! Ngaku blogger tapi nulis aja males! Ke laut aja gih sono! Grrrrr...!!!

Apa jangan-jangan blog gue dijadiin 'mangsa' dari sebuah kecanggihan yang disebut autoblog? Itu lho... blognya blogger pemalas yang punya pengaturan akan meng-update secara otomatis artikel-artikel yang bersumber dari copas artikel blog lain. Sumpah, pengaturan autoblog sangat merugikan! Khususnya bagi blogger yang mati-matian menulis sendiri postingannya dan membutuhkan waktu berjam-jam cuma buat nulis sebuah artikel sampe dipublish di blognya--kayak gue! Seolah gue yang ngetikin postingan untuk blog mereka! HAH...!!! Tolong ini jangan pernah ditiru kalau emang kamu ngaku blogger! Hargai dong karya orang! Okay????

Waktu tau tulisan-tulisan gue dijiplak sama si oknum, gue langsung share soal ini via semua socmed yang gue punya. Gue mau seluruh dunia tau kalau ada seorang copycat yang lagi bergentayangan! Gue udah coba menegur secara baik-baik yang bersangkutan tapi belum direspon sampe sekarang. Untungnya gue udah menemukan cara gimana untuk melaporkan pencurian artikel blog ke Google dan membuat blog yang bersangkutan diblokir bahkan dihapus. Gue bakal melakukan pelaporan itu kalau blog yang bersangkutan udah bener-bener merugikan gue. Sementara ini gue masih bersikap toleran sampe tiba saatnya ketika ulahnya udah kelewatan, maka jangan salahin gue kalau blog dia tiba-tiba musnah dari jagat dunia maya! Saat itu gue cuma bisa titip salam sambil nyanyi duet bareng KD, "I'm sorry, good bye!".

Gue bakal sangat menghargai para blogger bertanggung jawab yang berbaik hati menyertakan link blog gue di tiap postingan gue yang dicopas atau sekedar direview di blog mereka. Gue pribadi juga selalu menyertakan link sumber kalau emang artikel itu bukan punya gue. Kalau gue lupa dari mana sumbernya, minimal gue bakal kasih catatan kalau gue dapetin dari berbagai sumber. Yang pasti gue nggak bakal mengakui apapun yang memang bukan milik atau hasil karya gue! Itu karena gue mencoba menjaga etika blogging dan silaturahmi di dunia per-blog-an. Jadi ayolah... berhenti mencuri artikel atau konten apapun milik blog orang lain dan mempublishnya di blog seolah si pencuri sendiri yang menulis atau memiliki konten tersebut!

No pic hoax! Jadi gue screenshot aja isi blog dari oknum yang copas dari blog gue tersebut. Nggak semuanya, cuma sebagian aja. Secara terlampau banyak postingan gue yang dibajak sama dia! Masing-masing gambar gue sertakan link blognya si pencuri dan blog gue dengan artikel yang sama persis sesuai screenshot-nya. Silakan diceki dan bandingkan sendiri antara posting si pencuri dan posting original gue. Beberapa hal yang nggak berhubungan dengan copas ini, pada gambar sengaja gue blur. Yang gue lingkari merah adalah hal-hal yang patut diperhatikan, seperti alamat blog si pencuri, judul posting yang sama persis dengan punya gue, dan foto yang juga sama persis dengan foto yang ada di blog gue.

1. Ini postingan tentang mahar scrapbook pernikahan gue.
Cek blognya maling 
Posting original dari blog gue 


2. Ini tentang curhatan gue soal pesta pernikahan impian ala gue.
Cek blognya maling
Posting original dari blog gue


3. Ini review resepsi pernikahan gue. Beberapa hari lalu gue sempet edit postingan di paragraf awal, tapi sisanya bener-bener persis!
Cek blognya maling
Posting original dari blog gue


4. Ini review tentang akad nikah gue.
Cek blognya maling
Posting original dari blog gue
 

5. Bahkan foto-fotonya pun sama persis! Itu bokap gue, lho!! Grrrr...!!!

Ini yang original dari blog gue:


Ini yang abal-abal:


Jadi begitulah drama hari ini. Buat para blogger lainnya semoga ini bisa jadi pembelajaran untuk lebih berhati-hati oleh ulah para copas-ers blog yang sangat pemalas dan merugikan! Ke depannya gue berharap kita bisa lebih saling menghargai karya, tulisan, atau konten orang lain, so... kegiatan ngeblog bisa jadi sangat menyenangkan! Okey???

Salam blogger!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ditegur aja tuh, si maling, huh-_- biar sadar

Shinta Feristiqa mengatakan...

udah ditegur... tapi gak direspon -__-"

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com