Rabu, 02 April 2014

Review Make Up: Salon Shinta

Pengalaman gue sebelum merit tahun lalu, gue agak kesulitan googling vendor-vendor pernikahan yang berlokasi di Bandar Lampung. Giliran dapet, setelah diceki harganya selangit, bok! Padahal dari awal gue cuma pengen pernikahan sederhana dan jangan sampe over budget. *derita rakyat jelata T_T*

Bermodal nekad dan niat tulus *uhuk!*, akhirnya gue mutusin me-launching review ini dengan maksud bisa menambah referensi bagi para capeng yang sama-sama berlokasi di Bandar Lampung tapi tight on budget kayak gue. Hehe. Yah, walaupun udah kadaluwarsa baru posting hari gini mah tapi tetep masih layak dibaca kan, ya? Iya ajalah! Nyahahaha! *nggak ngerasa dosa*

Okay, everybodeh... gue mulai reviewnya dari vendor make up dulu aja, deh! Sisanya menyusul di posting lain, yak! :p

Well, proses pemilihan vendor make up termasuk cepet. Gue dapet rekomen sebuah salon untuk vendor make up kewongan gue dari 'sejuta umat'. Mulai dari temen-temen nyokap, saudara gue, sampe budenya Pipi menggiring gue untuk pake salon tersebut. Salon rekomen 'sejuta umat' yang dimaksud adalah Salon Shinta. Alesannya kata mereka Salon Shinta udah dikenal sebagai salah satu salon lawas yang bagus untuk adat Jawa di Bandar Lampung. Awalnya gue masih ragu. Tapi setelah liat hasil make up seorang manten yang manglingi di foto salah satu klien fotografer gue si Mas Irfan (Infra Photoworks)--which is setelah gue tanya sama manten yang bersangkutan ternyata doi pake jasa salon ini juga--akhirnya manutlah eike memilih Salon Shinta sebagai vendor make up kewongan. *tipe yang mudah dihasut*

Ibu Sundari selaku pemilik salon termasuk sesepuh di Bandar Lampung dalam merias pernikahan adat Jawa. Orangnya ramah dan kalau ngomong tuh halus njawani banget. Jujur, saking njawani-nya, gue jadi ngerasa kayak preman kalau lagi ngobrol sama beliau! -__-"

Kolase Make Up Preparation by Infra Photoworks

Gue pake Salon Shinta dari acara seserahan sampe resepsi. Menurut orang-orang yang liat hasil riasannya, katanya gue manglingi. Well, manglingi itu cuma ada dua penjelasan logis: gue tambah kece atau gue aslinya ancur seancur-ancurnya. Oke, nggak perlu dijawab. Gue udah tau jawabannya. End of story. *gantung diri*

Gue suka hasil riasannya yang nggak medok, soft, dan natural. Tapi khusus riasan mata, kayaknya gue prefer kalau dibikin lebih smokey. Duh, gue lupa rikues dari awal, sih! Huhu. But it's not a big deal soalnya kayak gini aja gue udah mempesona, kan? Ihiks! *dilarang protes*

Salon Shinta punya koleksi baju yang lumayan banyak. Stoknya bisa diceki langsung di sanggarnya. Tapi kalau mau dateng ke sana, usahakan jangan weekend karena di saat itu mereka biasanya full job dan enaknya sih telepon dulu untuk janji ketemuan. 

Untuk harga, Salon Shinta cukup affordable dan negotiable. Tapi berhubung mereka nggak ada paket-paketan, harganya disesuaikan sama apa aja yang dibutuhin terus baru ditotal damage cost semuanya. List yang gue minta waktu itu, antara lain: make up gue dan nyokap untuk acara seserahan, beskap Pipi untuk acara seserahan, make up dan beskap akad, make up dan baju pengantin 2x ganti untuk resepsi, make up para ibu di hari H, beskap para ayah, make up dan kebaya para adik perempuan, beskap para kakak laki-laki, beskap keluarga besar, adat Panggih Jogja dan Bubak Kawah, Tari Karonsih, pergola kayu di pintu masuk timur, serta dekorasi pelaminan dan kamar pengantin. Untuk semua itu, harga yang gue dapet sangat damai di kantong. Nominal pastinya nggak bisa gue sebut karena too privacy, tapi pokoknya nggak sampe puluhan jeti. Oya, khusus pengantin dipegang langsung sama Ibu Sundari. Jadi nggak perlu khawatir untuk tambah charge karena harga yang ditawarkan udah include make up by owner. Nah, yang paling bikin enak tuh kalau mau DP ke Salon Shinta nggak mesti bayar 50% dulu, berapa aja yang penting ada 'tanda jadi'. Pelunasannya pun bisa diselesaikan setelah acara. Girang banget dah gue kalau poin ini mah! :D *elus-elus manja kartu ATM*

Yang bikin gue tambah girang, Salon Shinta memberikan bonus 2x perawatan gretong seminggu sebelum hari H kepada semua capeng yang booking jasa salon ini. Cihuy tho? Ya iyalah, cing! Secara bisa mengurangi budget untuk perawatan di luar--yang untungnya waktu itu belum jadi gue ambil paketnya di tempat spa langganan gue. Hahaha! *manten pelit*

Tapi Salon Shinta tetep ada minusnya. Waktu hari H, mereka datengnya nggak on time. Janjinya start make up sekitar jam 3-an, tapi baru nongol di rumah jam 4 subuh bertepatan saat gue juga baru bangun tidur (oke, gue ngaku salah karena gue tidur kayak kebo! :p). Padahal sebelumnya Ibu Sundari sendiri bilang kalau pengerjaan make up paes ageng lukis (bukan tempel) makan waktu sekitar 4 jam-an. Alhasil prada paes ageng gue agak berantakan karena dikerjakan ngebut dalam injury time akad yang kudu mulai jam 7 pagi! T_T

Terakhir, sekedar saran aja, bagi capeng yang pengen pake salon ini sebaiknya hubungi mereka beberapa bulan sebelum hari H dan jangan mendadak. Pengalaman gue waktu mau DP salon ini di bulan Desember 2012 untuk tanggal 22-23 Juni 2013, jadwal mereka ternyata udah nyaris full-booked untuk tahun 2013. Untungnya di tanggal yang gue minta, mereka masih free. Tapi ternyata nggak lama setelah gue, menyusul capeng lain yang ikutan booking untuk akad di tanggal 22 Juni. Berhubung akad tuh capeng pagi hari, jadi nggak ada bentrok waktu karena acara seserahan gue diadakan siangnya. The date was saved! :D

Daaan... finally, nih gue pamerin penampakan make up manten versi Salon Shinta:

Before: Sebagai perbandingan, pelototin dulu muka natural gue yang manis nan unyu ini! *hoek!*


After: Nah, ini dia muka gue yang katanya manglingi setelah dipermak Ibu Sundari!

Make up Acara Seserahan

Make up Akad

Make up Resepsi

Make up Resepsi

All Make up & Costumes. Photos by Infra Photoworks.

Before-After. Bandingin foto selfie gue di kiri sesaat sebelum make up, dengan foto di kanan yang udah dipermak abis. :D

Next: review vendor catering. Okehtengsbai! ^_^

Shinta Salon dan Kursus
Jl. Srikandi 47, Sawah Brebes, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung (masuk gang yang ada gapura depan lapangan bola Kampung Sawah)
Telp. 0721-263663 (CP: Ibu Sundari atau adiknya si Mbak Yuni)

4 komentar:

joshepira.genduk mengatakan...

Hai mbaak, boleh tanya nggak? salon shinta nyewain kebaya pengantin sama beskap nggak ya?
boleh minta price list shinta salon yg kmrn mbak pakai? email saya shinoda_29irl@yahoo.co.id

makasi berat ya mbaak

Shinta Feristiqa mengatakan...

Hai jg! :D

Mereka nyewain kebaya & beskap, kok! Tapi kl u/ price list aku nggak punya. Kamu bs coba lgsg hub no Salon Shinta yg udh aku ksh itu aja. :)

Makasih udh mampir :)

joshepira.genduk mengatakan...

Hai mbk, aku udh ke salon Shinta nih
Mau tanya dulu mbk survey ke salon Sanggar Putri Ayu nggk ya? Kira2 kalo paes ageng lbh oke yg mn y mbk?
Hehehe
Maap y mbk pdhl mbk nkhnya udh lama

Makasii mbk

Shinta Feristiqa mengatakan...

Hmmm... Sanggar Putri Ayu ya? Pernah dgr sih. Tapi aku nggak survey ke sana jd kurang tau jg bagus yg mana :p

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com