Jumat, 05 Desember 2014

Review Undangan: Jogja Kreasi


Lanjut ripiu vendor nikahan gue yang udah basi nyok! Ihiy! Sekarang gilirannya vendor undangan. Biar lebih praktis dan ngirit, gue prefer ceki vendornya via gugel ketimbang survei keliling ke percetakan se-seantero Bandar Lampung. Lokasi vendornya pun gue pilih di Jogja karena harganya bisa lebih murmer dibanding vendor kota lain, termasuk Bandar Lampung. Apalagi model undangan yang gue mau yang kesannya njawani tradisional kayak undangan gulung bambu. Kalau di Bandar Lampung, agak susah cari vendor yang bisa bikin undangan kayak gitu. Kalau toh ada, harganya dijamin mehong syekaleh!

Untuk cetak undangan, gue dan Pipi emang sengaja mengalokasikan budget yang nggak gede. Menurut gue, undangan nggak perlu yang wah dan mahal. Cukup yang sederhana dan harga terjangkau tapi tetep unik. Toh setelah tamu dapet undangan, paling yang diliat cuma nama manten, ortunya siapa, kapan dan di mana meritnya. Selanjutnya tuh undangan bakal berakhir di kotak sampah. Jadi kalau undangannya spektakuler, sayang duitnya tho? :p

Tapi cari vendor Jogja yang bisa kasih harga miring pake banget untuk undangan gulung bambu agak rempong juga, bok! Rata-rata mereka mematok harga antara Rp3.000,- sampe Rp5.000,- per pcs. Bahkan beberapa vendor memberikan harga segitu tanpa embel-embel bonus macem plastik pembungkus. Bagi gue sih masih kemahalan. :p *manten pelit irit*

Sampe akhirnya dapet vendor yang namanya Jogja Kreasi dan mereka kasih harga cuma Rp2.800,- aja per pcs undangan gulung bambu! Itu pun udah include plastik pembungkus, tag card, dan tinta emas untuk nama pengantin. Pas gue tanya lagi ongkir dari Jogja ke Bandar Lampung, gue cuma kena charge Rp12.000,-/kg! Mak, gue ngerasa kayak lagi dapet harga subsidi plus diskonnya sekalian! Murce bingits itu mah! Nah, secara sampe detik itu vendor yang bisa kasih harga miring pake banget ya cuma Jogja Kreasi ini, jadilah tanpa banyak cing to the cong, gue langsung DP untuk order 600 pcs undangan. Kalau ditotal, kocek yang gue dan Pipi keluarin untuk undangannya aja Rp1.680.000,- plus ongkir Rp288.000,-, jadi semuanya cuma Rp1.968.000,- doang, pemirsa! Hwuaaaa... nikmat apa lagi coba yang bisa gue dan Pipi dustakan? Nyahahaha! *cipok kartu ATM*

Gue acungin jempol untuk pelayanan Jogja Kreasi, khususnya dalam hal komunikasi. Bagi gue, komunikasi antara sang vendor dan kita sebagai customer--apalagi yang di luar kota kayak gue--penting banget. Secara kan gue nggak bisa pantau langsung ke percetakannya, jadi segala tetek-bengek prosesnya cuma bisa dilakukan via hape atau email. Pihak Jogja Kreasi cukup fast respon menjawab SMS-SMS gue dan revisi design via email. Gue ngerasa dihargain aja karena dari awal mereka nggak PHP-in gue sebagai customer dengan cara jujur mengatakan sikon apa adanya. Mulai dari antrian naik cetak sampe faktor cuaca panas untuk jemur bambunya biar nggak jamuran. Tapi gue tetep galau juga dengan nasib undangan gue yang takutnya malah belum jadi sampe tanggal deadline. Untungnya, pihak Jogja Kreasi memastikan kalau undangan gue bisa sampe ke Bandar Lampung sebulan sebelum hari H. Dan emang bener sih, sekitar sebulan sebelum hari H, tumpukan undangan gulung bambu udah menuhin rumah gue. Fiuuh... langsung tenang jiwa-raga ini! :D

Design bagian depan undangan

Design bagian belakang undangan

Hasil jadi undangan

Tapi jujur, ada beberapa hal yang bikin gue kecewa dari Jogja Kreasi. Pertama, awalnya warna pita yang diiket di tag card-nya nggak sesuai orderan gue yang mestinya warna merah maroon. Begitu liat foto yang dikirim mereka tentang progres undangan gue, ternyata pitanya dikasih warna putih! Secara gue keukeuh pengen pita maroon, gue langsung komplen. Pihak Jogja Kreasi pun minta maaf dan mengganti warna pita sesuai rikues gue. Resikonya gue kudu sabar nunggu beberapa hari lagi sampe undangan gue bener-bener sesuai keinginan dan siap kirim. Duh! -__-

Undangan gue sebelum diganti pita. Foto gue comot dari FB Jogjakreasi Dua.

Penampakan undangan setelah sampe di rumah gue, warna pita sesuai rikues

Penampakan undangan di tangan gue yang buntet

Kekecewaan lain disebabkan dari packing dan pengirimannya. Resiko pengiriman pake bus dibanding ekspedisi kayak gue waktu itu adalah paket harus diambil sendiri di pul bus yang bersangkutan. Mestinya nggak ada masalah kalau di paket tertulis jelas nama dan alamat penerima/pengirim. Sayangnya, itu nggak dilakukan pihak Jogja Kreasi! Bokap gue yang mau ambil paket sempet kebingungan karena paket gue nggak ditemukan di antara tumpukan paket lainnya. Gegara parno jangan-jangan paket gue ilang, gue sempet pengen ngomel-ngomel lagi ke Jogja Kreasi. Tapi setelah mereka kasih tau ciri-ciri kardus paketnya gimana, akhirnya tuh paket ketemu. Justru yang ngomel malah bokap gue, secara kardus yang dimaksud udah dari tadi di depan mata tapi karena nggak ada identitas penerima/pengirimnya, makanya tuh kardus dicuekin aja! Gue harap lain kali Jogja Kreasi bisa lebih concern dalam packing dan pengiriman paket. Nama dan alamat penerima/pengirim wajib ditulis. Mungkin sepele bagi vendor, tapi bagi customer itu penting banget!

Terakhir, gue sempet sutris karena setelah dicek satu per satu, bambunya banyak yang jamuran terutama yang di tumpukan bawah dan itu jumlahnya lebih dari separo isi kardus! Alhasil gue dan Pipi kudu kerja ekstra bongkar-pasang bungkus plastiknya untuk bersihin jamur di bambunya. Tapi kecewa gegara bambu jamuran ini sedikit terobati setelah ngitung jumlah undangan yang gue dapet ternyata dilebihin beberapa biji dari orderan aslinya! Idih, bonusnya bikin ngamuk-ngamuk gue ilang seketika, cing! Nyahahaha! *dasar gampangan -__- *

Overall sih gue puaaaasss bingits sama hasilnya! Waktu disebarin ke tamu, banyak yang bilang undangan gue unik dan mereka tanya gue pesen di mana. Pastinya bagi gue pribadi, gue ngerasa hepi secara bisa dapetin undangan kewongan yang bener-bener sesuai keinginan, yaitu kesan njawani tradisionalnya dapet, nggak pasaran, dan harganya murce di bawah 3.000 perak aja! Aaahh... senangnyaaa hatikyuuu...! :D

Next, review vendor souvenir, ya! ^_^

Jogja Kreasi
CP: 085647776601 / 081227267893 
Alamat web-nya: www.jogjakreasi.com
FB-nya: Jogjakreasi Souvenir atau Jogjakreasi Dua

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com