Sabtu, 31 Mei 2014

I'm a Cat Lover. Since Forever.

pic credit to http://lilipoetz.net/cat-lovers/

Kucing adalah hewan yang paling bikin gue gemes dari kecil. Entah sejak kapan tepatnya gue demen kucing, gue juga nggak inget. Tapi mungkin gue ter-influence sama mbak-mbak tetangga sebelah rumah dulu (sekarang doi udah pindah ke Jakarta). Waktu itu si mbak-mbak pelihara kucing banyak banget. Berhubung dulu gue suka maen ke rumah dia dan sebaliknya, lama-lama gue jadi terbiasa dengan hewan-hewan berbulu nan unyu itu. Tapi cerita awal gue dengan kucing justru nggak ngenakin banget. Waktu gue SD, gue pernah ngebut naek sepeda dan nggak sengaja nabrak seekor kucing sampe kakinya pincang. Gue ngerasa bersalah banget dan nggak pernah bisa lupain kejadian itu. T_T

Eniwei, saking sukanya gue sama kucing, alamat blog ini pun berunsur kucing. See? "Lovelyshironeko" itu kalau dipenggal jadi "lovely", "shiro", dan "neko". Dalam bahasa Jepang, "shiro" berarti putih dan "neko" berarti kucing. Jadi kalau digabung maksudnya adalah kucing putih. Tapi ini bukan berarti gue cuma demen sama kucing yang bulunya warna putih doang. Apapun warnanya, selama itu kucing dan berbulu (ya iyalah! Berharap apa elo? -__- ), gue tetep demen. Sedangkan kata "lovely" gue comot dari bahasa Inggris biar alamat blog ini kesannya lebih unyu aja. Wkwkwk! Jadi sekali lagi, gue pilih kata "lovelyshironeko" sebagai alamat blog yang nggak seberapa ini cuma biar terkesan kiyut gimanaaa gitu! Nyahahaha! Alasan bodoh... oke, lupakan! -__-"

pic credit to http://nerdcats.tumblr.com/post/18911922772/if-your-a-cat-lover-you-will-like-this

Gue pernah beberapa kali pelihara kucing. Sebenernya bukan gue sengaja mau pelihara, tapi kucing-kucing itu sendiri yang menawarkan diri untuk gue pelihara. Hehe. Tapi seriusan, nggak tau kenapa, rumah gue itu kayak magnet bagi kucing-kucing stray. Udah nggak keitung jumlahnya kucing liar yang hilir-mudik ke rumah gue, dari yang cuma sekedar namu sampe beranak. Ada tuh kucing hitam yang doyan banget beranak di rumah gue. Gue manggilnya si Jablay. Secara ya tuh kucing murahan banget. Masa bentar-bentar hamil? Kayaknya baru kemarin beranak, eh besoknya udah bunting lagi! Mana cowoknya gonta-ganti pula. Murahan kan kayak... yah itu... jablay... ups! Maapkeun kata-kata nggak senonoh gue! *getok kepala sendiri*

Dari sekian banyak kucing yang pernah gue pelihara itu, ada seekor yang bener-bener berkesan buat gue sampe sekarang. Kucing domestik jantan berbulu putih yang gue kasih nama Ngeng. Sekarang doi udah almarhum. Hiks! Si Ngeng dateng ke rumah gue waktu usianya masih belia dan terlihat sangat tampan mempesona *duilee!*. Ngeng emang cuma kucing domestik stray tapi jinak banget, cerdas, dan nurut. Ngeng pengertian banget sama kita dan nggak pernah ngerepotin. Entah siapa yang ngajarin, dia ngerti kalau dia nggak boleh pup di dalem rumah. Kalau pengen pup, pasti dia ngeong-ngeong di depan pintu minta keluar. Setelah pintu dibuka, dia langsung cuss dan begitu kelar menunaikan panggilan alamnya, dia bakal langsung balik lagi ke rumah. Kalau lagi maen di luar terus kita panggil buat balik, dia langsung respon ngikutin perintah kita. Tiap kali orang rumah pada pergi, dia selalu ditaro di luar. Tapi begitu orang rumah pulang, dia duluan yang udah standby depan pintu padahal kita aja masih OTW di depan gang. Ngeng benci mandi. Pernah gue paksa dia mandi dan belum ada 5 menit selesai dimandiin, dia langsung gegulingan lagi di tengah jalan. Ngeng juga jago kandang. Tiap ada kucing lain yang (padahal) cuma sekedar lewat doang depan rumah, lagaknya kayak udah mau ngajak berantem. Desis-desis sok galak gitu. Tapi giliran kita dorong badannya biar deketan sama tuh kucing di luar, dia malah langsung lari kilat ke dalem rumah. Kalau tidur, Ngeng selalu pengennya dikelonin nyokap di kamar. Satu hal yang nggak pernah bisa gue lupa, dulu gue pernah ngetik tugas di komputer sampe tengah malem, Ngeng tiba-tiba aja ndusel ke pangkuan gue dan anteng tidur di sana. Kayaknya dia tau kalau gue capek dan pengen ditemenin. Yah... tapi semua polah Ngeng itu cuma tinggal kenangan. Di suatu siang dia ditemuin nyokap mati keracunan waktu gue masih kuliah. Mayatnya gue kubur di belakang rumah. Uh... miss you so, Ngeng! :'-(

R.I.P. Ngeng :'-(

Mungkin begitu berkesannya Ngeng bagi gue, sampe detik ini gue selalu nyebut kucing--semua kucing--dengan panggilan "Ngeng". Sebenernya itu lebih ke panggilan asal aja, sih! Sama halnya dengan orang lain kalau manggil kucing dengan "Puss" atau "Manis", sementara gue "Ngeng". Semacam itu.

Well, sejak Ngeng mati, sebenernya gue ogah pelihara kucing lagi. Nyeseknya itu yang nggak ketahan saat liat hewan kesayangan elo yang udah elo pelihara lama dan bahkan udah punya 'ikatan batin' sama elo, mendadak jadi bangke. Sumpah... gue nggak mau ngalamin perasaan kayak gitu lagi.

Tapi mungkin naluri gue yang suka nggak tegaan liat kucing stray apalagi yang masih baby terlunta-lunta di jalan, yang bikin gue beberapa bulan lalu akhirnya mungut seekor kucing domestik kecil (mungkin umurnya baru itungan hari) dan gue bawa ke rumah. Niat awal sih gue cuma pengen rawat tuh kucing sampe kira-kira dia udah cukup umur dan bisa cari makan sendiri. Tapi makin hari gue makin sayang dia dan nggak mau dia pergi. Nah, pada waktu itu, gue yang bego nggak pengalaman ngurus baby cat ini sampe bela-belain googling gimana cara merawat bayi kucing tanpa induk dengan baik dan benar. Karena keponya gue googling itu, thanks God, pengetahuan gue tentang kucing sekarang jadi bertambah. Gue jadi tau ternyata baby cat belum bisa pup sendiri dan harus di-stimulus di *maaf* pantatnya biar pup-nya keluar (oh yeah... I did it!). Baby cat juga belum bisa mencerna nasi atau dry food apapun, cuma kasih susu aja dan sedikit demi sedikit dikenalin sama wet food. Susunya pun nggak bisa sembarangan, kudu yang non glukosa dan bagusnya emang replacement milk khusus kucing. Dan yeah... gue bahkan sengaja beli dot khusus baby cat di pet shop cuma buat kasih minum susunya!

Beberapa bulan udah berlalu dan alhamdulillah the stray baby cat sekarang udah tumbuh jadi cewek abegeh cabe-cabean cakep nan seksoy. Warna bulunya putih dengan kombinasi hitam keabu-abuan dan punya beberapa tompel di punggung. Kalau diperhatiin, warna bulunya mirip sama Ngeng. Dan dia gue kasih nama Nyan-Chan. Ah, tapi menurut Pipi nama itu terlalu imut buat dia. Jadi Pipi iseng manggil dia Nyonyon dan karena polahnya yang kadang 'bego', akhirnya ditambahin lagi nama belakangnya jadi Blenyon. So, nama Nyan-Chan itu sekarang punya alias jadi Nyonyon Blenyon. Dan entah kenapa, tuh kucing kayaknya lebih ngerespon kalau dipanggil Nyonyon dibanding Nyan-Chan. Bener-bener bego! -__-"

Beda kayak Ngeng yang dari awal jinak banget, Nyan-Chan ini dari sejak gue pungut sampe sekarang kesannya 'liar'. Dia demen banget gigitin tangan, nyakar, ngejerin kaki orang yang lewat, anti dielus-elus, dan paling sebel kalau digendong. Dia juga hobi banget pup dan pee sembarangan di dalem rumah, padahal dari kecil udah gue ajarin buang hajat kudu pada tempatnya (baca: jamban). Tapi untungnya semakin gede doi semakin paham dan sekarang kalau kebelet dia langsung ngacir ke luar. Oh well, gue rasa tentang Nyan-Chan segitu dulu deh gue ceritanya! Gue sih ada niat pengen bikin posting khusus yang ngemengin dia. Tapi nanti, ya! Masih mikir-mikir dulu. Yah... secara gue ogah kalau dia jadi tenar mendadak gara-gara gue eksis-in dia di blog ini. Bisa makin belagu tuh bocah! Nyahahaha! *dicakar Nyan-Chan*

Nyan-Chan the Blenyon Cat! :D

Yak, sebagai closing, gue cuma pengen bilang, pada intinya gue adalah seorang cat lover--since forever. Nggak peduli ras dan warna bulunya, pokoknya semua kucing gue suka. Siapa pun di luar sana yang juga demen kucing, let's be friend! ;-)

One last thing, if you don't like cats--or any animals--it's ok... but please, don't ever think and try to abuse them! EVER! Gue nggak segan-segan mengutuk siapa pun yang tega melakukan penyiksaan pada hewan, khususnya kucing! Dan kalau itu terjadi di depan mata gue langsung... oh, gue jamin elo nggak bakal suka liat gimana gue kalau udah ngamuk! Guys, mereka juga makhluk hidup dan punya hak hidup yang sama dengan kita. So, be nice, ya! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com