Rabu, 21 Mei 2014

Review: SHARK (Japanese Drama)


Profile:
  • Title: SHARK
  • Genre: Music
  • Broadcast network: NTV, YTV
  • Format: Renzoku
  • Episodes: 12
  • Viewership ratings: 2.4%
  • Broadcast period: 2014-Jan-11 to 2014-Mar-30
  • Air time: Saturday 24:50
  • Theme song: Keep Walking by SHARK
(Sumber: DramaWiki)


Review:
 
"SHARK" adalah dorama Jepang yang baru khatam gue tonton minggu ini. Yang bakal gue review ini adalah season pertama dari total 2 season doramanya yang tayang sejak awal tahun 2014 di Jepang. Yes, the dorama is still fresh from the oven, guys! So, kayaknya gue sama sekali nggak telat review kali ini! Yosh! *lempar pom-pom*


SHARK adalah nama sebuah band indie yang beranggotakan 5 personil yang tengah mengejar mimpi mereka untuk debut di major label. Sayang, di tengah perjuangan tersebut, mereka harus kehilangan sang vokalis Kitagawa Kazuki (Fujii Ryusei), yang meninggal akibat kecelakaan. Sepeninggal Kazuki, keempat personil SHARK lainnya, yaitu Hagiwara Kai (Hamada Takahiro), Ryuzaki Ayumu (Motsumura Hokuto), Satomi Kenzo (Iwamoto Hikaru), dan Adachi Teppei (Kamiyama Tomohiro) seolah kehilangan semangat bermusik. Perlahan, SHARK mulai ditinggalkan fans dan hubungan di antara keempat personilnya merenggang akibat konflik internal. Wonder Records sebagai perusahaan rekaman yang pada awalnya berminat merilis debut album SHARK pun mendadak memutuskan untuk me-cancel kontrak mereka. Pihak Wonder Records menganggap SHARK nggak mampu lagi menghasilkan profit karena mereka udah kehilangan nilai jual utama mereka, yaitu sang vokalis yang kharismatik.

Kazuki

Kecelakaan Kazuki

Keempat personil SHARK yang merasa kehilangan, kerap mengunjungi TKP tewasnya Kazuki

Saat semua orang merasa SHARK udah berada di ujung kehancuran, Komatsu Ichika (Yamashita Rio) yang merupakan karyawan di Wonder Records sekaligus manajer SHARK, justru merasa sebaliknya. Cewek ini nggak pernah putus asa untuk menjaga eksistensi SHARK dan memperjuangkan debut mereka. Ichika mencoba bernegosiasi ulang tentang debut SHARK pada atasannya, Yoshimura Takahiro (Okada Kohki). Melihat semangat pantang menyerah Ichika, Yoshimura mengatakan akan mempertimbangkan kembali kontrak debut SHARK, dengan 1 syarat: SHARK harus mencari vokalis baru--tentu aja, vokalis yang memiliki kharisma yang menyamai atau minimal mendekati kharisma Kazuki sang vokalis terdahulu.

Ichika

Keputusan untuk mencari vokalis baru membuat Ichika galau. Pasalnya, sejak kematian Kazuki, Kai sang gitaris lah yang menggantikan posisi vokalis sekaligus menjadi leader SHARK. Ichika sadar Kai pasti bakal sakit hati kalau Ichika merekrut vokalis lain. Tapi demi debut SHARK, Ichika memutuskan kali ini terpaksa mengorbankan perasaan Kai.

Kai

Singkatnya, Ichika akhirnya berhasil menemukan sosok yang tepat menjadi vokalis baru SHARK. Ichika secara nggak sengaja 'mendapatkan' si calon vokalis baru di sebuah pesta pernikahan rekan kantornya. Suara Kurata Mizuki (Hirano Sho) si vokalis incaran itu sukses membuat Ichika jatuh hati. Terlebih, Ichika speechless melihat adanya kemiripan style bernyanyi antara Kazuki dengan Mizuki. Seolah sosok Kazuki 'hidup' di dalam raga Mizuki. Kai yang saat itu menjadi pengisi acara pesta juga menyadari hal tersebut. Namun, Kai tegas menolak Mizuki bergabung menjadi vokalis SHARK. Bukan hanya karena Kai merasa SHARK nggak butuh vokalis baru, tapi juga karena attitude Mizuki yang nyebelin parah.

Mizuki

Secara mengejutkan, Ichika dan Kai menyaksikan Kazuki 'hidup' dalam raga Mizuki

Mizuki bernyanyi layaknya Kazuki bernyanyi di atas panggung

Yup! Di atas panggung, Mizuki emang sosok vokalis bersuara khas yang keren dan 'menjual'. Tapi selepas itu, karakter Mizuki bener-bener minus. Dia egois, emosian, arogan, ceplas-ceplos, tukang kritik, nggak tau sopan santun, suka merendahkan orang lain, selalu menganggap dirinya jenius, dan merasa yang paling hebat. Yeah, emang segitu nyebelinnya! Menurut Kai, cowok dengan karakter yang bertolak belakang banget sama Kazuki itu sama sekali nggak pantas jadi frontman SHARK. Sosok seperti Mizuki justru bakal membuat SHARK hancur total.

Mizuki yang doyan berantem

Mizuki yang nggak peduli tata krama

Mizuki yang mudah terpancing emosi, bahkan sama orang yang nggak dikenalnya! *tepok jidat*

Namun, Ichika yakin intuisinya nggak salah. Dia berusaha keras membujuk Mizuki untuk menjadi vokalis SHARK. Meski pada awalnya Mizuki sempat merendahkan SHARK dan dengan angkuhnya menolak bergabung dengan alasan dia udah direkrut untuk debut oleh label lain, tapi karena suatu hal akhirnya Mizuki memutuskan menerima tawaran Ichika.

Ichika terus merayu Mizuki agar mau menjadi vokalis SHARK

Formasi SHARK setelah Mizuki bergabung. Depan (ki-ka): Mizuki, Ayumu, dan Kai. Belakang (ki-ka): Teppei dan Kenzo.

Mizuki di atas panggung

Sesaat setelah Mizuki bergabung, apa yang dikhawatirkan Kai terjadi juga. Konflik internal di antara personil SHARK makin memanas akibat tersulut sikap arogan Mizuki hingga berujung pada bubar jalannya SHARK. Masing-masing personil sibuk dengan urusannya dan merasa nggak peduli lagi pada mimpi debut SHARK di major label. Masalah pun semakin kompleks karena ternyata Mizuki menyimpan kisah masa lalu yang disembunyikannya rapat dari para personil SHARK lainnya, termasuk Ichika, dan masa lalu Mizuki itulah yang justru bisa membuat mimpi debut SHARK di major label pupus sepenuhnya.

Foto SHARK di meja kerja Ichika. Kiri: foto SHARK versi Kazuki. Kanan: foto SHARK versi Mizuki.

SHARK di 'markas' mereka

Yak, cukup! Udah terlalu banyak spoiler berceceran kayaknya. Untuk tau cerita lengkapnya, langsung tonton aja doramanya, yee...! Wkwk!


Kenapa kudu nonton "SHARK"?

Bagi penggemar dorama bergenre musik (esp. Band), menurut gue dorama ini layak dipelototin. Bagi yang nggak demen genre musik juga kalau mau ikut mantengin nih dorama ya monggo. Cukup menghibur dan asik diikutin kok ceritanya! Dorama ini sukses bikin gue merasakan berbagai emosi jiwa sekaligus. Mulai dari ngakak, dongkol, gemes, kagum, penasaran, ngerasa simpati, sampe mewek sesengukan. Intinya, gue sangat menikmati tiap episode "SHARK" dari awal sampe finish.

Gue tertarik dengan tokoh Mizuki. Walau gue akui fisiknya oke secara doi ikemen, tapi syumpeh... karakternya itu bikin greget pengen nabok, mak! Sepintas sih gue sebel sendiri dengan sifat Mizuki yang nggak tau malu dan nggak ngerti menghargai orang. Terlebih, di sepanjang episode kita disuguhi arogansi dia melulu. Eneg nggak, tuh? Tapi setelah dicermati, Mizuki itu sebenernya orang paling tulus di antara yang lain. Dia ceplas-ceplos begitu karena berusaha untuk jujur tentang apa yang ada di pikirannya, sedangkan orang lain munafik menampilkan image diri mereka. Yah... mungkin cara Mizuki mengungkapkan kejujuran itu dianggap kurang tepat oleh banyak orang. Tapi toh orang-orang yang pernah 'kecipratan ludah' Mizuki pada akhirnya sadar kalau semua omongan Mizuki emang bener dan hal itu justru jadi spirit mereka. Namun, di balik sikap kerasnya, Mizuki sebenernya rapuh. Saking rapuhnya, tanpa disadari dia lah yang paling terluka saat melihat teman-temannya hancur dan rela melakukan apapun bahkan jika harus mengorbankan dirinya sendiri demi kebahagiaan mereka.

Seorang Mizuki yang sangat arogan pun bisa menangis

Seperti 2 sisi koin, nggak ada seorang manusia pun yang sempurna (karena kesempurnaan hanya milik Tuhan *cekipriw!*). Begitu juga dengan Mizuki. Di satu sisi, sikap arogan, egois, dan gampang emosi Mizuki emang nggak patut ditiru. Tapi di sisi lainnya, gimana Mizuki menunjukkan kejujuran, ketulusan, apa adanya, kesetiakawanan, dan rela berkorbannya adalah poin pembelajaran penting yang bisa kita petik tentang sisi humanis yang coba digambarkan tokoh Mizuki. Karakternya yang unik ini bisa kita jadikan refleksi diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Lantas pertanyaannya: dalam real life, apakah kita yakin orang lain bakal baik-baik aja menerima kalau kita 'se-jujur-apa-adanya' kayak Mizuki? Oh, well... pe-er buat kita, nih! :)

Hal lain yang bisa kita maknai dari cerita dorama ini adalah arti sebuah ikatan persahabatan yang sebenernya, semangat untuk nggak gampang menyerah, dan pentingnya menjaga mimpi agar terwujud--nggak peduli seberat apapun rintangan untuk menggapainya. Gue suka banget penggalan kalimat yang diucapkan Ayumu di salah satu scene episode 3 dorama ini, "hidup kadang emang nggak mudah. Tapi ada banyak hal lain yang dapat membuat kita untuk tetap bahagia.". So damn true, Ayumu-kun!

IMHO, nih... walau inti ceritanya terkesan klise, tapi "SHARK" tetep nggak lupa menyisipkan pesan moral yang dalem buat penonton. Pastinya beda banget kalau dibandingin cerita sinetron-sinetron di tipi saat ini yang episodenya nggak kelar-kelar dan makin lama makin gaje nggak layak tonton (dan entah kenapa, tetep aja laku!). Ehem! See, just my honest opinion. No need to offense, ya! :)

So, why don't you give it a try? Nonton dan silakan cuap-cuap sendiri. Oh ya, soundtrack "SHARK" yang judulnya "Keep Walking" dan "Answer" patut dikupingin juga. Aransemen dan liriknya keren, euy!

Nih gue kasih video cuplikan scene "SHARK" favorit gue dan paling bikin gue cengeng di antara scene lainnya, dengan diiringi lagu "Answer" yang liriknya ditulis oleh mendiang Kazuki. Video gue comot dari Youtube (uploader by addshot13). Anggep aja ini sekaligus trailer "SHARK" yang bisa gue sharing bagi siapa aja yang penasaran pengen nonton doramanya, yak! :D


Terakhir, fyi aja, dorama ini berlanjut di "SHARK 2nd Season". Udah sempet ngintip sinopsisnya tapi gue masih belum bisa komen. Secara sampe detik ini gue belum nonton sekuelnya, cing! Hehe. So, we'll wait and see what happens on the next season deh ya, bok! Semoga gue bisa nulis reviewnya kembali. Jaa, minna...!! ^_^


*) Foto: berbagai sumber

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Mau lagu2nya spt keep walking , answer , n yg dinyanyiin rival castalway yg ballad..ad link ny sist??(^_^)

Shinta Feristiqa mengatakan...

Aku dapetnya cuma yg Keep Walking. Tp nama situsnya lupa. Itu juga hasil ngubekin Google. Yg laennya blm ketemu. :p

Zaitun Hakimiah NS mengatakan...

Udah nonton 2 seasonnyah.. dan lagu2nya susah dicari di google

Shinta Feristiqa mengatakan...

Iya...kudu ngubekin gugel. Itupun blm tentu dapet. -__-

creme mengatakan...

nice post. salam kenal^^ say juga suka shark tp blm nonton s2 berhubung cast-nya di ganti. sho-kun T_T

Shirakami mengatakan...

Link dl ost nya??
[Answer] bikin ane mewek :''

Shinta Feristiqa mengatakan...

Awalnya jg saya gak mw nonton. Tp ceritanya tyt gak kalah seru dg yg season 1. Toh wlw cm supporting role, sho tetep maen kok. :)

Shinta Feristiqa mengatakan...

Kl link u/ keep walking lupa. Coba cek di gugle aja. Hehe. Selain itu saya gak tau link donlot lagu lainnya.

Dyza LeCiel Killms mengatakan...

Download Ost Shark - Answer

http://www.lagubaru.my.id/mp3/shark-answer.html

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com